cool hit counter

PDM Kabupaten Banyuwangi - Persyarikatan Muhammadiyah

 PDM Kabupaten Banyuwangi
.: Home > Berita > Sejahterakan Jama'ah Masjid, PCPM Glenmore Adakan Program Jum'at Berkah

Homepage

Sejahterakan Jama'ah Masjid, PCPM Glenmore Adakan Program Jum'at Berkah

Sabtu, 22-02-2020
Dibaca: 138

 

BANYUWANGI – Guna menggembirakan dakwah persyarikatan, Pimpinan Cabang Pemuda Muhammadiyah (PCPM) Glenmore mengadakan program jum'at berkah dalam bentuk pembagian nasi kotak setiap pekan sekali. Kegiatan ini dilaksanakan di Masjid Syuhada Pusat Dakwah Muhammadiyah Cabang Glenmore, Jum”at (21/02/2020).

 

Bekerja sama dengan Takmir Masjid Syuhada program Jum’at Berkah ini dilaksanakan setiap selesai sholat jum’at, sebanyak 110 kotak nasi yang disediakan oleh pengurus PCPM Glenmore akan dibagikan kepada para jamaah sholat jum’at. Melalui sinergi dengan beberapa ortom dan aum setempat, program ini berhasil menjadi tarik bagi para donatur yang ingin memberikan sebagian rizki berupa nasi kotak.

 

"Alhamdulillah, berkat dukungan ibu-ibu Aisyiyah, PCM, Takmir, dan Kepala Sekolah SMK Muhammadiyah 4 Glenmore kita bisa mengadakan program rutin ini. Adanya program ini ternyata banyak manfaat, pertama jamaah masjid jadi sejahtera, kedua orang bisa berinfaq dalam bentuk makanan siap saji,” terang Rizky Aji, Ketua Umum PCPM Glenmore.

 

Semula banyak kurang setuju dengan inisiatif ini dan berharap program untuk du’afa saja karena mereka lebih membutuhkan. Justru ini merupakan cara agar mereka yang sholat jum’at di masjid ketika selesai dan bagi para pekerja yang waktunya istirahat siang bisa sambil menikmati makan siang dihalaman masjid. Pada akhirnya masjid bisa menjadi pusat kesejahteraan, dan tidak boleh ada orang yang kelaparan dimasjid.

 

Terbukti akhirnya program ini sudah bisa berjalan selama tiga pekan, harapan istiqomah yang selama ini PCPM Glenmore dan Takmir Masjid Syuhada bisa berkembang. Dengan menggandeng ibu-ibu Aisyiyah, pada pekan pertama disiapkan 50 kotak, dan secara berkala pekan berikutnya bertambah menjadi 90 kotak.

 

Untuk sumber dana didapat dari para donatur yang berasal dari warga persyarikatan, jamaah pengajian Masjid Syuhada, Amal Usaha Muhammadiyah yang ada di Cabang Glenmore. Tidak itu saja pada pekan kedua kita mendapatkan donatur dari salah satu usaha catering yang ada di Glenmore, hal ini menunjukkan bahwa giat dan semangat berinfaq melalui program ini bisa diterima oleh semua kalangan.

 

Sedangkan pengelolaan, panitia pelaksana Jum’at Berkah PCPM Glenmore biasa menerima dalam bentuk donasi uang sebesar Rp 5.000 – Rp 7.000 atau perposi kotak nasi. Jadi warga atau donatur tidak perlu repot membuat nasi kotak, karena nanti penyajian akan dilaksanakan oleh ibu-ibu Aisyiyah, jadi bentuk sinergitas dalam suatu program tetap dikedepankan, maka kenapa program ini bisa terjalin dengan sasaran utama adalah jamaah sholat jum’at.

 

Seperti yang disampaikan oleh salah seorang jamaah sholat jum’at, Dian Kumbara Jaya, dia merasa senang dengan adanya program ini. Meski infaq hanya dalam bentuk nasi kotak, tapi ini tidak menghilangkan makna infaq dan shodaqoh, selain itu manfaat kedua adalah sebagai salah satu sarana untuk memakmurkan masjid.

 

“Jangan berpikir kalau orang datang ke masjid ini hanya mempunyai prioritas karena ada makanannya saja, sebab harapannya nanti ketika rutin datang ke masjid maka secara tidak langsung akan muncul yang namanya cinta masjid. Daripada kita antar kerumah apakah menjamin mereka datang ke masjid?,” cetus pemuda yang juga menjadi pengurus Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah Banyuwangi ini.

 

Sumber: Digga Arfiansyah

 

 

 

 

 

 


Tags: Program Jum’at Berkah PCPM Glenmore
facebook twitter delicious digg print pdf doc Kategori: Pemuda Muhammadiyah Cabang Glenmore



Arsip Berita

Berita

Agenda

Pengumuman

Link Website